Nama : Yolla Ristyani Dewi
Kelas : 1TB01
NPM : 27315281
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Awan Jeminy Putra
Dosen : Awan Jeminy Putra
Ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial
Kata Pengantar
Assalamualaikum wr. wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya, pengerjaan maupun penyusunan tugas ini dapat diselesaikan dengan baik. Dibuatnya tugas ini bertujuan untuk menuntaskan nilai mata kuliah Ilmu Sosial Dasar pada semester pertama di pertemuan kedua 2015 ini dan juga untuk dapat lebih memahami mengenai Ilmu Sosial Dasar.
Saya menyadari bahwa dalam pengerjaan dan penyusunan tugas ini masih terdapat kekurangan dalam segala hal yang mungkin masih perlu diperbaiki. Oleh karena itu, kami berharap Bapak dapat memakluminya, karena saya masih tahap belajar dalam hal ini.
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum wr. wb.
Oktober 2015
✏✏✏✏
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu Sosial Dasar (ISD) membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan membentuk ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari seorang mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga merupakan suatu usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. IPS sebagai mata pelajaran di SD pada hakekatnya merupakan suatu integrasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan disiplin ilmu lain yang relevan untuk tujuan pendidikan. Perlu disadari bahwa sesuai dengan tingkat perkembangannya, siswa SD belum mampu memahami keluasan dan kedalaman masalah-masalah sosial secara utuh. Meskipun demikian pada pendidikan IPS di sekolah dasar siswa dapat diperkenalkan kepada masalah-masalah sosial. Siswa juga perlu dibekali dengan sejumlah pengetahuan, nilai-nilai moral, dan juga keterampilan dalam memahami 2 lingkungan sosial masyarakat siswa yang berguna untuk kehidupan sahariharinya.
Pengenalan dan pemahaman ISD dan IPS menjadi penting supaya tujuan yang melatabelakangi munculnya ilmu ini tidak sekedar menjadi harapan tanpa hasil. Oleh karena itu, di sini saya akan membahas mengenai kedua hal tersebut.
B. Tujuan
Tujuan disusunnya tugas ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengertian Ilmu Sosial Dasar, latar belakang kemunculannya, ruang lingkupnya, pengertian dan tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial, serta persamaan dan persamaan antara Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial.
C. Rumusan
Berdasarkan latar belakang di atas, penyusun merumuskan masalah yang akan dibahas di sini adalah sebagai berikut:
1. Apa pengertian dari Ilmu Sosial Dasar?
2. Apa saja tujuan dari Ilmu Sosial Dasar?
3. Apa saja ruang lingkup dari Ilmu Sosial Dasar?
4. Apa Pengertian dari Ilmu Pengetahuan Sosial?
5. Tujuan dari Ilmu Pengetahuan Sosial?
6. Apa saja perbedaan dan persamaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial?
2
PEMBAHASAN
1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial adalah ilmu yang mencakup semua aspek didalam kehidupan mulai dari sifat seseorang atau individu, interaksi antar individu, antara individu dan kelompok, dan interaksi antara kelompok dan kelompok.
Lalu pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah sosial khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat umum dengan menggunakan berbagai pengertian (fakta, konsep dan teori) yang berasal dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial, Misalnya seperti: Sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial, dan sebagainya.
2. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
3. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Bahan Ilmu Sosial Dasar dibagi atas 3 golongan , yaitu:
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat , yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdsiplin/multidisiplin .
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat di perlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang di bahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep “keaneragaman” dan konsep “kesatuan sosial’ . Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas , maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
a) Persamaan dan perbedaan pola pemikirandan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b) Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut di atas, dapat di jabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di operasionalkan .
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri atas 8 pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup Ilmu Sosial dasar di harapkan mempelajari dan memahami adanya:
a) Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b) Masalah individu , keluarga dan masyarakat.
c) Masalah pemuda dan sosialisasi.
d) Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
e) Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
f) Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
g) Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
h) Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
4. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial atau social studies merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif sosial yang berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia. Untuk lebih memahami pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial, mari kita simak pengertian dari beberapa ahli:
1. Somantri (Sapriya:2008:9)
IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
2. Moeljono Cokrodikardjo
IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.
3. Nu’man Soemantri
IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti: a) menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan, b) mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.
4. S. Nasution
IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah,ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
5. Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan IPS dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengatasi masalah sosial, sebab pendidikan IPS memiliki fungsi dan peran dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk memperoleh bekal pengetahuan tentang harkat dan martabat manusia sebagai mahluk sosial, keterampilan menerapkan pengetahuan tersebut dan mampu bersikap berdasarkan nilai dan norma sehingga mampu hidup bermasyarakat.
Definisi IPS (social studies) yang ditulis Komisi Studi Sosial dari National Education Association di Amerika Serikat memberikan batasan, bahwa IPS merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan perkembangan masyarakat dan manusia sebagai anggota masyarakat (Poerwito, 1992:3). Selanjutnya Edgar W. Wesley (1952) menyatakan bahwa IPS berasal dari ilmu-ilmu sosial yang telah dipilih dan diadapasi sesuai kebutuhan persekolahan atau pengajaran lainnya. Sedangkan menurut Numan Soemantri, Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama (Numan Soemantri, 2001).
Tujuan IPS menurut NCSS
Tujuan utama social studies adalah membantu generasi muda mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keputusan yang rasional sebagai warga masyarakat yang beraneka budaya, masyarakat demokratis dalam dunia yang saling berketergantungan (NCSS, 2008:2).
Menurut Waterwroth, (2007: 5)
menyebutkan bahwa tujuan social studies (IPS) adalah untuk mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya di masyarakat, dimana secara tegas ia mengatakan "to prepare students to be well-functioning citizens in a democratic society"
Menurut KTSP (2006)
Tujuan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3. Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.
4.Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global.
6. Persamaan dan Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
a. Persamaan ISD dengan IPS
o Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
o Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
o Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
b. Perbedaan ISD dengan IPS
o Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
o Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
o Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
3
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan sehingga lebih peka terhadapnya. llmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, ada baiknya untuk lebih mengembangkan pemahaman tentang Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial melalui diskusi dan pembahasan sesama mahasiswa serta dosen pengampu mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.
Sumber:
https://www.academia.edu/8770948/PENGERTIAN_IPS_ILMU_PENGETAHUAN_SOSIAL_MENURUT_BEBERAPA_AHLI_Ilmu_Pengetahuan
http://endartougik.blogspot.co.id/2014/12/tujuan-dan-manfaat-ips.html
http://endartougik.blogspot.co.id/2014/12/tujuan-dan-manfaat-ips.html
0 komentar:
Posting Komentar